Kursus Bahasa Asing Demi Meraih Impian Masa Depan Bersama Lister

Tuesday, July 26, 2022


Pengalamanku Sebagai Calon Pekerja Luar Negeri.

Saat ini aku sedang menjalani pelatihan bahasa Jepang di salah satu lembaga yang ada di kotaku. Aku berniat pergi ke Jepang untuk bekerja agar bisa maraih impian masa depanku. Selama 4 bulan menjalani pembelajaran bahasa, akhirnya pada tanggal 18 Mei 2022 kemaren aku berhasil lulus ujian JFT-Basic. JFT-Basic adalah ujian untuk mengukur kemampuan komunikasi dalam bahasa Jepang yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari di Jepang. Ujian ini merupakan salah satu syarat untuk orang asing agar bisa bekerja di Jepang. JFT-Basic juga digunakan untuk mengajukan status izin tinggal Pekerja Berketerampilan Spesifik No.1 di Jepang.

"Kamu masih harus banyak belajar lagi, lulus ujian JFT bukan berarti kamu udah paham bahasa Jepang" ucap salah satu guru bahasa Jepangku. Aku biasa memanggilnya sensei.

Yah , aku memang harus banyak belajar lagi setelah gagal 3 kali melakukan interview dengan orang Jepang. Seperti yang sensei katakan, secara teori mungkin nilaiku cukup bagus, tetapi untuk kaiwa (percakapan) dengan orang Jepang masih terlalu buruk. Bukannya aku tidak belajar, tetapi saat itu aku sudah mulai bekerja sebagai karyawan toko untuk menambah uang saku jika kelak berangkat ke Jepang. Sedangkan lembaga pelatihan hanya menyediakan kelas pagi untuk pembelajaran. Tentu aku tidak bisa belajar secara maksimal karena sudah kelelahan bekerja.

Agar pekerjaanku tidak terganggu, dan kemampuan bahasa Jepangku meningkat, akhirnya sensei merekomendasikan satu tempat kursus/les online belajar bahasa asing secara online. Ada progam kursus untuk bahasa Jepang disitu. Senang bukan main kala itu, akhirnya aku bisa menemukan solusi untuk meningkatkan kemampuan bahasaku tanpa meninggalkan pekerjaanku. Dia merekomendasikan Lister sebagau tempat untuk aku belajar lebih dalam lagi tentang bahasa Jepang.

Apa Itu Lister?




Lister adalah sebuah brand dari PT Lister Teknologi Edukasi yang didirikan tahun 2020 di Yogyakarta untuk membantu para siswa meraih mimpi mereka dengan penguasaan bahasa asing yang baik. Lister merupakan tempat yang menyediakan kursus belajar bahasa asing secara online dan bukan melalui aplikasi. Di Lister kita akan diajari langsung oleh tutor tutor ahli dan bersetifikat melalui media online seperti zoom dan Google Clashroom. Lister juga menyediakan berbagai pilihan kelas belajar bahasa asing seperti kelas bahasa Inggris, Korea, Jerman, Prancis, Arab, Turki, dan Jepang. 


Alasan Mengapa Belajar Bahasa Asing Itu Penting.



Beberapa alasan mengapa belajar bahasa asing itu penting :

1. Mempermudah Karir Kita Di Masa Depan.

Ketika bekerja di negara lain, bukan hanya bahasa negara tempat kita bekerja yang harus kita kuasai. Kita juga harus menguasai Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, karena itu merupakan salah satu asset agar kita bisa berhasil di negara lain. Selain itu dengan menguasai berbagai bahasa asing, lebih mudah meningkatkan karir kita ketika bekerja. Seperti halnya di negara Jepang, level bahasa juga mempengaruhi gaji pekerjanya. Semakin tinggi level bahasanya, maka jumlah gaji yang diterima juga semakin besar. Tingkatan bahasa ini dimulai dari JLPT N5 sampai N1. 

2. Memiliki Teman Dan Koneksi Dari Berbagai Negara.

Seiring berkembangnya zaman, tentu kita juga harus memperluas jaringan dan koneksi kita dari negara lain. Selain bisa menambah koneksi, belajar bahasa asing juga menguntungkan karena kita bisa mempunyai teman dari berbagai negara.

3. Untuk Membantu Melanjutkan Pendidikan Yang Lebih Tinggi.

Banyak masyarakat Indonesia yang sudah lulus kuliah dan melanjutkan pendidikan di luar negeri. Dengan menguasai bahasa asing memudahkan kita ketika mendaftar kuliah atau mendapatkan beasiswa di luar negeri. 

4. Memudahkan Kita Saat Bewisata Ke Luar Negeri.

Siapa sih disini yang tidak punya impian mengelilingi penjuru dunia? Pasti banyak yang ingin berwisata keliling dunia. Dengan menguasai bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris tentu sangat memudahkan kita dalam wisata luar negeri, mulai dari perjalanan, mencari penginapan, dll.


Mengapa Lister?



Nah, kenapa sih sensei merekomendasikan Lister sebagai tempat mengasah bahasa Jepangku? Ini dia alasanya :

1. Mempunyai Sistem Pembelajaran Berbasis International.

Konten pembelajaran di Lister mengacu pada kurikulum yang berbasis internasional yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa. Selain itu, kita dapat belajar sesuai dengan level yang kita miliki, jadi tidak perlu cemas jika teman-teman kita mempunyai level yang lebih tinggi. Karena para tutor akan menyesuaikan tingkatan belajar kita.

2. Metode Pembelajaran Yang Efektif Dan Interaktif.

Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan literasi dengan penekanan pada meaning-focused instruction. Metode ini berfokus pada pemaksimalan human-to-human interaction yaitu melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Hal ini akan menciptakan pengalaman belajar bahasa asing terbaik bagi para siswanya.

3. Tersedia Berbagai Pilihan Kelas.

Lister menyediakan berbagai pilihan kelas yaitu private, semi private, dan group yang bisa disesuaikan dengan tujuan belajar kita.

4. Jadwal Pembelajaran Yang Fleksibel.

Lister juga memberikan penawaran kelas dengan fleksibilitas jadwal yang tinggi serta dapat diakses kapan saja, dimana saja dan dengan menggunakan perangkat apa saja. Ini adalah sistem yang paling saya sukai karena bisa menyesuaiakan jam kerja saya.

5. Tutor Yang Tersertifikasi Dan Terbaik.

Di Lister para tutor yang mengajar sudah mempunyai sertifikat dan mempunyai kualitas bahasa yang tinggi. Mereka adalah lulusan luar negeri atau alumni penerima beasiswa di dalam maupun luar negeri yang sangat berkompetisi tinggi. Untuk Tutor Bahasa Jepang sendiri sudah berpengalaman dan biasa mengajar kursus Bahasa Jepang JLPT, N5, N4, N3. Kita juga mudah bertanya tanpa terkendala bahasa. Jadi kita tidak perlu khawatir akan kredibilitas para tutor.

6. Garansi Score.

Bagi yang mengambil progam kursus IELTS dan TOELF Ultimate, akan mendapatkan garansi score. Dimana jika score masih kurang dari tingkat kelulusan bisa mendapat bimbingan lagi agar lulus. 

7. Ada Jaminan Untuk Studi Lanjut, Bekerja, Maupun Belajar Kebudayaan Jepang.

Ini keunggulan lain di Lister. Selain mendapat pengetahuan bahasa, kita juga bisa mempelajari  budaya-budaya Negara Jepang. Tak hanya itu, jika bisa memperoleh tingkatan bahasa setara N3, kita juga bisa melanjutkan studi di Jepang lho.

8. Mendapatkan Bonus Bimbingan.

Menarik bukan, setelah 60 kali pertemuan kita bisa mendapatkan bonus bimbingan beasiswa atau bimbingan untuk job interview. 

9. Mendapatkan Corrective Feedback Dan Report Secara Berkala.

Sebagai siwa kita bisa mendapadkan feedback dari para tutor untuk perkembangan kita. Disini kita juga mendapatkan laporan tentang perkembangan proses belajar kita.

10. Mempunyai Client Dari Berbagai Lembaga.

Tidak perlu khawatir dengan kualitas pembelajaran di Lister. Karena selain masyarakat umum, Lister juga mempunyai client dari berbagai lembaga seperti Sirclo, Kepolisian Republik Indonesia, UNNES, OJK, dan masih banyak lagi.

11. Mendapatkan E-Cetificate Of Completion.

Lister juga memberikan sertifikat pelatihan bahasa bagi para siswanya.


Pilihan Kelas Di Lister



Lister mempunyai beberapa pilihan kelas yaitu

1. Private

Kelas ini dikhususkan untuk berinteraksi secara one to one agar lebih fokus belajar. Kelas ini cocok untuk siswa yang mempunyai kesibukan atau aktifitas yang padat.

2. Semi Private Berdua

Di kelas ini kita bisa mengajak teman dekat atau saudara kita untuk belajar bersama, untuk menghemat biaya pembelajaran namun tidak kehilangan fokus saat belajar.

3. Semi Private (3-5 orang)

Disini bisa mengajak teman hingga 5 orang. Lebih hemat dari kelas private dan lebih fokus dari kelas group.

4. Group (3-16 orang)

Lebih seru dan rame karena lebih banyak siswa disini. Lebih memungkinkan untuk mengenal dan berinteraksi antar siswa. Tenang, walaupun rame tetapi kita tetap bisa fokus dalam pembelajaran.

Selain mempunyai pilihan kelas. Laster juga akan progam baru yaitu Bootcamp yang diadakan mulai bulan Agustus. Untuk progam bootcamp sendiri ada 2 progam kelas yaitu kelas Online dan kelas Offline. Kelas Offline dilaksanakan di Jakarta, WeWork dan Sinarmas. Kelas Offline berlaku hanya untuk pembelajaran IELTS dan TOELF. 


Layanan Jasa Yang Ada Di Lister



Selain progam pembelajaran bahasa asing. Lister juga mempunyai layanan jasa yang bisa digunakan oleh masyarakat maupun lembaga. Layanan jasa ini diantaranya:

1. Jasa Interpreter.

Jasa interpreter adalah jasa penerjemah bahasa asing secara lisan untuk memperlancar komunikasi antar bahasa dan negara. Jasa interpreter biasanya digunakan dalam berbagai acara seperti seminar, training (pelatihan), pemandu (guide), membantu dalam rapat (meeting), wawancara (interview), dan berbagai kunjungan profesional lainnya.

2. Jasa Translation.

Jasa translation adalah jasa penerjemahan dokumen bahasa asing yang berkualitas dan dikerjakan oleh penerjemah profesional, berpengalaman dan terpercaya. Layanan ini cocok bagi siapa saja yang membutuhkan bantuan dalam menerjemahkan berbagai macam dokumen, baik untuk keperluan akademik maupun pekerjaan dan keperluan bisnis.

3. Jasa Proofreading.

Jasa proofreading adalah jasa pemeriksaan ulang tulisan dengan cara membaca ulang, dan melakukan revisi minor seperti memperbaiki format dan tanda baca hingga mereview struktur dan tata bahasa. Proofreading akan membantu memperbaiki tulisan dengan menemukan kata atau bahasa yang lebih tepat untuk menjadikan tulisan lebih rapi, mudah dipahami oleh pembaca, dan layak untuk dipublikasikan.


Prosedur Pendaftaran.



Berikut cara mendaftar progam kelas ahasa asing di Lister.

1. Buka website Lister atau ketikan daftar.lister.co.id kemudian pilih program kursus yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kerjakan juga Placement Test untuk mengetahui level kemampuan bahasa kamu.

2. Pilih kelas belajar sesuai keinginan kamu.

3. Pilih paket paket belajar sesuai dengan keinginan kamu.

4. Setelah menentukan pilihan program kursus dan paket belajar yang kamu inginkan, segera klik "Daftar Sekarang".

5. Lengkapi informasi data diri kamu pada form pendaftaran kemudian submit data. Kemudian Lister akan memberikan rincian informasi dan biaya yang harus dibayarkan. Periksa kembali kesesuaian dan kebenaran data diri serta biaya pembayaran.

6. Lakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih. Lakukan konfirmasi pembayaran dalam waktu 1 sampai 3 hari setelah pembayaran.

7. Setelah itu, Lister akan melakukan konfirmasi jadwal dan tutor dengan rentang waktu 3–7 hari kerja.

8. Selesai. Kamu sudah bisa memulai pembelajaran efektif sesuai jadwal bersama tutor profesional yang ada di Lister. 

Penutup

Bagaimana? Menarik bukan belajar bahasa asing di Lister karena banyak sekali pilihan pilihan kelas yang ditawarkan. Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan belajar bahasa asing. Yuk tunggu apalagi, segera daftar ke Lister untuk mendapatkan progam yang kalian inginkan. Oh iya dengan memasukan kode promo BLOGLISTER10 kalian bisa mendapatkan promo menarik lho. Untuk lebih jelasnya kalian bisa kunjungi website lister disini.



Sumber : https://www.lister.co.id/


Post a Comment