Lulusan SMK Ingin Bekerja Di Jepang? Bisa Banget, Ini Dia Caranya !

Monday, August 1, 2022



Negara Jepang

Jepang merupakan salah satu negara maju di dunia. Siapa sih yang nggak kenal jepang? Negara akan budaya, anime, manga, dan teknologi yang maju. 

Banyak dari masyarakat dunia termasuk di Indonesia menjadikan Jepang sebagai salah satu tujuan wisata mereka. Eits, tapi tunggu dulu, ternyata bukan hanya sebagai tujuan wisata, tetapi Jepang juga dijadikan sebagai negara untuk mencari penghasilan lho. Selain karena gaji disana lumayan tinggi, negara Jepang juga mempunyai cara dan etos kerja yang bagus. Nah, terkadang sebagau lulusan SMA sederajat kita pasti was-was apakah bisa bekerja disana. Tapi tenang, disana banyak sekali pekerja yang lulusan SMA sederajat, tidak melulu harus sarjana kok. 

Lalu gimana sih cara agar bisa bekerja di Jepang?

Cara Agar Bisa Bekerja Di Jepang

1. Magang Jepang

Magang Jepang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Banyak anak muda yang bekerja di Jepang dengan progam magang. Progam magang Jepang sendiri ada yang lewat jalur swasta dan lewat negeri (IM Japan). Jika ingin lewat jalur negeri pastikan kalian memiliki fisik yang kuat ya, soalnya diklatnya benar-benar menempa fisik . Hehe

2. Tokutei Ginou

Tokutei ginou adalah progam baru yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang untuk menerima tenaga kerja asing dari luar negeri. Berbeda dengan progam magang, progam tokutei ginou memberikan status tinggal sebagai pekerja dan bukan magang. Progam ini diadakan pada tahun 2019. Untuk yang sudah pernah mengikuti magang Jepang dan ingin kembali ke Jepang bisa memakai progam Tokutei Ginou. 

Untuk Tokutei Ginou syarat yang diperlukan yaitu sertifikat bahasa JFT A2 atau setara N4 dan sertifikat Specified Skilled Worker (SSW).

3. Ryuugaku

Nah kalo ini sedikit berbeda dari dua  progam diatas. Progam Ryuugaku adalah progam belajar bahasa Jepang dan kebudayaan Jepang. Setelah lulus dapar bekerja langsung di Jepang atau melanjutkan pendidikan di Jepang. Oh iya ini untuk pendidikanya berada di Jepang ya.

Itu tadi sekilas cara agar bisa bekerja di Jepang untuk lulusan SMA sederajat. Jadi untuk lulusan SMA tidak perlu khawatir, karena banyak sekali kesempatan untuk bekerja disana. Setelah pulang dari Jepang pun pasti banyak perusahaan Jepang di Indonesia yang menerima kita sebagai salah satu karyawan di perusahaan tersebut.


Post a Comment