Pertama Kali Bekerja Di Jepang? Ini Dia Perlengkapan Yang Harus Dibawa

Tuesday, May 2, 2023

 


Dunia mulai kembali normal. Pandemi 2020 sudah berlalu, dan banyak negara-negara yang mulai membuka diri untuk pariwisata. Begitupun dengan negara Jepang.

Oke, ini adalah pengalaman pribadi aku saat akan berangkat ke Jepang. Tahun ini Alhamdulilah, hari yang dinantikan tiba. Tepat pada tanggal 15 April 2023 aku berangkat ke Jepang mengikuti progam magang (Ginou Jissusei) lewat salah satu lembaga swasta di Jakarta.

Nah sebelum berangkat ke Jepang pun banyak hal yang harus dipersiapkan, selain pasport yang paling penting adalah isi koper😅. Karena ini adalah kali pertama ke Jepang dan belum tau seperti apa kondisi Jepang, jadi harus mempersiapkan sesuatunya dengan sebaik mungkin.

Untuk kali ini saya akan fokuskan ke isi koper, dimana sebagian besar isinya adalah bumbu masakan. Yah, di Jepang memang sulit untuk mendapatkan bumbu, khususnya bumbu yang ada di Indonesia. Kalaupun ada harganya sangat mahal. Untuk itu isi koper saya lebih banyak bumbu daripada baju. Untuk bumbu supaya lebih hemat tempat dan timbangan bagasi, saya membeli bumbu dalam bentuk bubuk, oh ya kalian bisa membelinya di sini. Khusus untuk cabe saya sengaja membeli satu kilo karena saya termasuk pecinta pedas😅.

Selain bumbu, saya juga membeli obat-obatan, karena disini saya masih tergolong orang baru dan belum mempunyai bekal yang cukup untuk berkomunikasi di Jepang, obat yang saya persiapkan cukup banyak dan lengkap.

Kalu kalian datang ke Jepang pada saat musim semi tidak perlu membawa baju dingin, karena bisa membeli langsung disini dan harganya standar seperti di Indonesia.

Sebenarnya tidak perlu khawatir tentang barang-barang yang harus dibawa, karena sebagian besar barang yang saya bawa itu untuk memenuhi kebutuhan hidup selama 2bulan pertama di Jepang, selebihnya nanti bisa menyesuaikan, karena selama 2bulan ini tentu kita sudah mulai terbiasa dengan kehidupan di Jepang. 😊

Post a Comment